Help Users Recognize, Diagnose, and Recover from Errors – www.griyasis.com

Ketika user melakukan kesalahan, sistem haruslah memberikan suatu pesan atau peringatan, bahwa user telah melakukan kesalahan. Pesan tersebut harus disampaikan pula dengan bahasa yang sopan, sederhana, dan mudah dimengerti user, serta tepat dalam menunjukkan masalah dan memberikan solusi. Pada website ini, pesan kesalahan pada bagian “Login”, ketika saya mencoba untuk tidak memasukkan password, halaman justru me-load ke halaman yang saya kira kosong, namun ketika di-scroll ke bawah, terdapat pesan kesalahan yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata dan harus jeli. Pesan kesalahan tersebut justru muncul di sebelah kiri halaman, di antara beberapa iklan. Saya kira itu hanya kesalahan dalam memuat halaman, namun ketika saya coba refresh kembali, pesan kesalahan tersebut masih berada di posisi yang sama. Cukup aneh memang -_-.

9

Selain hal tersebut, pada bagian-bagian lain, penggunaan bahasa sudah cukup sederhana dan mudah dimengerti oleh user, apabila user melakukan kesalahan.

Rekomendasi: Letakkan pesan kesalahan pada bagian yang mudah terlihat oleh user, sehingga user tidak merasa bingung dengan status yang dikerjakannya.

Severity Rating: 3.

Naah, sampai juga ke bagian yang terakhir, bagian kesepuluh, Help and Documentation ..

Iklan

Posted on 9 Juni 2014, in Heuristic Evaluation and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: