Help and Documentation – www.griyasis.com

Nah, sampai di bagian yang terakhir, bagian kesepuluh. Di bagian ini, website akan sangat bermanfaat jika mampu memberikan sejumlah bantuan bagi user dalam memahami informasi yang dibutuhkan. Pada website ini, ketika saya mencoba untuk memilih salah satu produk, kemudian ditampilkanlah produk tersebut. Di situ disediakan tiga tab, ada “Features“, “Detail“, dan “Review“, namun ketika saya klik tab “Features” dan “Review“, tidak ada informasi yang ditampilkan di situ, hanya pada tab “Detail” saja ditampilkan informasi, itu pun minim sekali.

10

Kemudian, ada salah satu bagian yang pada awalnya saya pikir akan sangat membantu user dalam mengkonversi nilai mata uang Dollar Amerika ke Rupiah atau sebaliknya. Kenapa saya katakan sangat membantu?? Karena ada beberapa barang yang dijual dengan nilai mata uang Dollar Amerika dan banyak user pastinya yang ingin mengetahui berapa nilai Rupiah-nya. Selain itu, bagian konversi ini muncul di mana-mana, di setiap halaman yang kita buka, pasti memuat bagian ini. Sehingga saya berpikir ini akan sangat membatu user. Tapi kemudian saya merasa cukup kebingungan dalam mengoperasikan konverter ini, bahkan sampai saat ini pun. Ketika saya coba masukkan angka 1000 di kolom “Rupiah”, pada kolom “Result” tidak menampakkan hasil apa-apa.

10a

Di situ justru ada tombol “+”, “-“, “*”, dan “/” yang membuat konverter tersebut fungsinya lebih terlihat seperti kalkulator, dan benar saja, ketika saya mencoba memasukan angka 500 di kolom “USD”, dan saya klik tombol “/”, pada kolom “Result” muncul angka 2, yang merupakan hasil dari pembagian antara 1000 dengan 500. Lho kok begini??? -_-. Sehingga akhirnya saya pikir bagian tersebut adalah bagian yang useless sekali.

10b

Rekomendasi: Berikan informasi yang sejelas-jelasnya pada user jika sudah menyediakan tab untuk dapat dilihat oleh user. Kemudian hilangkan tombol “+”, “-“, “*”, dan “/” pada konverter, cukup berikan tombol untuk mengkonversi nilai mata uang yang diinginkan, berikan tampilan yang sederhana namun cepat dimengerti user, sehingga user merasa sangat terbantu.

Severity Rating: 2.

Yaaap, akhirnya selesai sudah analisis saya terhadap website http://www.griyasis.com berdasarkan 10 prinsip utama Heuristical Evaluation Nielsen. Saya tidak bermaksud menjelek-jelekan website ini, saya hanya mencoba menganalisis dan memberikan masukkan kepada pengembang yang bersangkutan apabila melihat tulisan ini. Harapannya adalah peningkatan mutu dari website ini, agar semakin banyak user yang mau berkunjung untuk berbelanja di website ini karena mereka merasa nyaman. Demikian tulisan ini saya buat, jikalau ada yang kurang berkenan, saya mohon maaf dan bisa langsung disampaikan di kolom komentar. Terima kasih, selamat malam … 😀 🙂

Posted on 9 Juni 2014, in Heuristic Evaluation and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

