Flexibility and Efficiency of Use – www.griyasis.com

Di bagian yang ketujuh ini, sistem harus membuat desain antarmuka yang membuat user merasa mudah dan cepat dalam melakukan tugasnya. Kemampuan yang dimiliki tiap user tentu berbeda-beda. Perbedaan kemampuan inilah yang seharusnya dapat diatasi oleh sistem agar dapat mudah digunakan oleh semua user. Di website ini, sudah cukup bagus dalam mengatasi bagian ini, disediakan menu yang dapat digunakan oleh user untuk mengetahui cara pembelian, yaitu menu “How to Buy”. Namun sekali lagi, banyaknya iklan serta kecilnya kolom utama pada tiap halaman cukup menggangu user untuk mengakses informasi yang diberikan dan juga tidaklah efisien, karena user harus meng-scroll terlebih dahulu halaman tersebut ke bawah. Apalagi ditambah dengan double scroll yang harus dilakukan user. Hal ini sedikit banyak cukup membuang-buang waktu dari user.

7

Kemudian hal lainnya adalah mengenai link angka pencarian ke-berapa, ketika user selesai melakukan pencarian. Link tersebut hanya berada di bagian atas hasil pencarian, justru bukan berada di bawah. Hal ini membuat user harus menarik scroll lagi ke bagian atas pada saat sudah berada di hasil pencarian yang paling bawah sehingga user dipaksa harus meng-scroll 2x untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Selain itu tulisan link tersebut berwarna hitam, sama dengan tulisan lain pada umumnya, yang memberikan kesan bahwa angka-angka tersebut hanyalah tulisan biasa yang tidak bisa diklik, padahal angka-angka tersebut adalah sebuah link.

7a

Rekomendasi: Kurangi iklan-iklan yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh user. Perbesar juga kolom utama sebagai penampil informasi yang dibutuhkan. Letakkan link angka-angka tersebut pada bagian bawah dari hasil pencarian atau paling tidak letakkan di kedua sisi, atas dan bawah. Ubah warna dari link angka-angka tersebut, jangan gunakan warna hitam, gunakan warna biru misalnya.

Severity Rating: 2.

Lanjut lagi ke bagian yang kedelapan, Aesthetic and Minimalist Design ..

Iklan

Posted on 9 Juni 2014, in Heuristic Evaluation and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Saya sangat setuju dengan pendapat Anda, usahakan jangan gunakan dua buah scroll agar user tidak merasa kebingungan setiap scroll tersebut menunjuk kemana. Begitu juga pada page search result juga sangat tidak efisien dengan meletakannya diatas yang dapat bermasalah dengan keterbatasan layar pengguna. Nice post Anjias 🙂

    • iyaaap, terima kasih mba nuri atas persetujuannya, haha, memang cukup membuang-buang waktu bagi user yang ingin kerja lebih cepat, namun dipersulit dengan tampilan yang seperti itu -_-

  1. Ping-balik: Recognition Rather than Recall – www.griyasis.com | jhiyonatan's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: