User Control and Freedom – www.griyasis.com

Dalam setiap melakukan tugasnya, terkadang user dapat sesekali melakukan kesalahan. Nah, di point yang ketiga ini, kita membahas pada ada atau tidaknya pilihan yang jelas ketika user tidak sengaja melakukan kesalahan. Dalam website ini, user tidak diberikan pilihan dalam mengeksekusi perintah, apabila perintah yang dimaksud merupakan suatu kesalahan yang sebenarnya tidak sengaja user lakukan. Seperti apabila user tidak sengaja menghapus pesanannya, seperti gambar berikut:

3

Kondisi awal

3a

Ketika tidak sengaja mengahpus

3b

Ketika sudah terhapus, keranjang belanja sudah kosong, tanpa konfirmasi terlebih dahulu

Kemudian tidak adanya pilihan menu bagi user untuk mengedit pesananannya, apabila user sudah terlanjur memesan dan ingin membatalkannya. Hal ini cukup membuat bingung atau bahkan khawatir user apabila ia ingin membatalkan pesanannya. Kita tidak bisa memprediksi keadaan user, mungkin ada keperluan lain yang lebih penting sehingga membuat user membatalkan pesannya. Ketika sudah selesai memilih dan user ingin langsung ke bagian order atau pemesanan, hanya tampilan halaman penjelas pemesanan yang muncul, tanpa bisa diedit atau dibatalkan.

3c

Tidak ada menu untuk mengedit atau membatalkan pesanan

Rekomendasi: Berikan dialog konfirmasi untuk setiap tindakan atau perintah yang dilakukan serta buatlah menu bagi user untuk dapat mengedit ataupun membatalkan pesanan yang telah dipesannya.

Severity Rating: 3.

Sekarang, lanjut ke point yang keempat, Consistency and Standard ..

Iklan

Posted on 8 Juni 2014, in Heuristic Evaluation and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Penghapusan item secara tidak sengaja tanpa pemberitahuan terlebih dahulu itu memang sedikit merepotkan. Karena tidak jarang pengguna tetiba tidak sengaja mengklik tombol delete dan terpaksa mengulangi proses pemesanan barang dari awal.

  2. Hilda Ayu Pratikasiwi

    Kadang hal tersebut sangat menyebalkantentunya. ketika user tanpa sengaja melakukannya tentu akan membuat pengguna tidak nyaman dan harus melakukannya sekali lagi. tentunya akan membuang waktu user. nice post…

  1. Ping-balik: Match between System and the Real World – www.griyasis.com | jhiyonatan's blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: