Error Prevention – www.griyasis.com

Di bagian kelima, sistem harus memiliki peringatan atau pesan kesalahan, apabila user melakukan kesalahan, namun lebih baik lagi kesalahan tersebut dapat dihindari apabila memiliki tampilan antarmuka yang menarik, sehingga meminimalisir kesalahan yang user lakukan. Website ini sebenarnya meiliki desain yang sukup baik, namun ruang iklan yang terlalu lebar dan ada di mana-mana justru memberi peluang bagi user untuk melakukan kesalahan. Hal itu dikarenakan tampilan layar pada halaman yang kita inginkan terlihat kecil dan minim sekali buat saya, mayoritas dipenuhi oleh iklan-iklan.

5

Kemudian, merujuk pada konfirmasi sandi apabila user ingin mendaftar menjadi member. Konfirmasi kata sandi dengan mengetik ulang memiliki beberapa kelemahan, yaitu user hanya dapat melihat jikalau kata sandi tidak sesuai berdasarkan banyak karakter dan kesalahan pengetikan kata sandi ulang akan terlihat setelah pengguna mengklik tombol Register, sehingga tidak terlalu nampak fungsi pencegahan terhadap kesalahan user.

5a

Rekomendasi: Perluas kolom tampilan pada bagian halaman yang kita tuju, dan rampingkan iklan-iklan yang banyak, karena sangat mengganggu. Berikan tanda di samping kolom “Konfirm Password”, seperti tanda checklis contohnya, untuk menandakan apabila password ulang yang dimasukkan oleh user tepat.

Severity Rating: 2.

Mari, lanjut ke bagian yang keenam, Recognition Rather than Recall ..

Iklan

Posted on 8 Juni 2014, in Heuristic Evaluation and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: